Gunakan Bumbu Pengganti Garam Berikut Untuk MPASI Bayi

Pada dasarnya MPASI memang memiliki rasa yang cenderung tawar, oleh karena itu kebanyakan orang tua kerap kali menambahkan garam ke dalam MPASI agar menambah rasa dan nafsu makan si kecil. Padahal menambahkan garam ke dalam makanan bayi sangat tidak disarankan karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan terhadap tubuh si kecil. sebagai pengganti garam untuk makanan bayi anda bisa menggunakan bumbu dapur lainnya yang dinilai jauh lebih aman. Anda bisa menambahkan bumbu-bumbu dapur ini ke dalam bubur organik bayi atau menu MPASI lainnya.

Hingga bayi menginjak usia 12 bulan, bayi sebenarnya hanya membutuhkan 0,4 gram garam setiap harinya. Jika lebih dari itu, ginjal bayi belum bisa bekerja secara optimal untuk memproses sehingga bisa memicu risiko yang cukup berbahaya. Selain bisa menyebabkan kerusakan ginjal, menambahkan garam pada MPASI bisa berakibat buruk pada tumbuh kembang otak si kecil. si kecil akan cenderung menjadi anak yang suka memilih makanan saat tumbuh dewasa nantinya.

Daftar Bumbu Dapur Lain Pengganti Garam

Pixabay.com

Para ahli menyarankan untuk menunda memberikan garam kepada bayi demi meningkatkan kesehatan bayi pada usia tumbuh kembangnya. Berikut ini beberapa bumbu dapur yang bisa anda gunakan sebagai pengganti garam untuk makanan bayi :

Bawang Putih

Bawang putih kaya dengan senyawa alisin yang bisa membuat tubuh bayi lebih sehat. Rasa bawang putih juga dikenal bisa membuat masakan lebih gurih sehingga menambah nafsu makan si kecil. Namun anda hanya diperbolehkan untuk memberikan sari-sari bawang putih saja kepada si kecil.

Lada

Untuk bisa menambah cita rasa MPASI, anda bisa menambahkan sedikit lada ke dalam masakan anda. Selain bisa menambah cita rasa menjadi lebih enak dan lezat, lada juga bisa membantu megurangi peradangan yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti kanker atau sakit jantung.

Kayu Manis

Kayu manis yang memiliki cita rasa sedikit pedas dan manis bisa anda gunakan untuk menggantikan garam pada MPASI si kecil. Untuk bisa mendapatkan rasa yang maksimal, anda bisa menambahkan batang kayu manis kedalam panci yang anda gunakan untuk memasak MPASI. Bumbu dapur yang satu ini sangat cocok untuk dikombinasikan dengan bubur beras, yogurt, ubi rebus, dan oatmeal.

Rosemary

Rosemary akan memberikan cita rasa aromatik pada makanan bayi. Anda bisa menambahkan rosemary segar atau kering ke dalam sup maupun mengolahnya menjadi saus untuk kemudian dicampurkan ke dalam bubur beras.

Jahe

Jahe ternyata juga bisa digunakan sebagai pengganti garam untuk MPASI seperti sup. Karena memiliki cita rasa pedas dan manis, jahe juga akan memberikan beragam manfaat untuk kesehatan si kecil salah satunya bermanfaat untuk mengurangi peradangan.

Kulit Lemon

Parutan kulit lemon yang anda campurkan kedalam bumbu daging dan ikan akan membuat rasanya tidak hambar.

Ketumbar

Dengan memberikan sensai hangat ketika dimakan, anda bisa mencampurkan bumbu dapur ini ke dalam sup. Selain bisa menambah cita rasa makanan, ketumbar juga mengandung antioksidan seperti terpinene, quercetin, hingga tochoperol.

Adas Sowa (Daun Dill)

Adas Sowa atau Daun Dill memiliki cita rasa yang segar sehingga menjadi salah satu alternatif untuk menggantikan garam dalam memasak MPASI. Anda hanya perlu menaburkan daun dill diatas MPASI.

Bawang Merah

Bawang merah mengandung glukosinates yang bisa berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh. Menggunakan bawang merah sebagai pengganti garam bisa membuat aroma masakan menjadi lebih harum dan masakan menjadi lebih lezat. Selain bisa digunakan sebagai pengganti garam, bawang merah ternyata juga bisa mengatasi perut kembung pada bayi, cukup dengan mengusapkan pada perut dan tubuh bayi.

Daun Oregano Kering

Daun oregano mengandung vitamin C dan vitamin E yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh si kecil. Anda bisa menggunakan daun oregano dengan menaburkannya di masakan. Anda hanya cukup menambahkan daun oregano secukupnya dan tidak terlalu banyak agar si kecil tidak terkena efek samping karena penggunaan daun oregano yang banyak bisa menyebabkan diare pada bayi.

Daun Salam

Daun salam merupakan salah satu jenis daun yang bisa membuat aroma masakan menjadi sangat harumĀ  dan lezat. Anda bisa menggunakan daun ini untuk memasak bubur bayi karena akan membuat masakan menjadi lebih gurih sehingga si kecil makan dengan lahap.

Daun Sereh

Jika anda memasak sup ayam atau sup lainnya untuk si kecil, anda bisa menggunakan daun sereh sebagai bumbu alami yang aman. Aroma daun sereh mampu menghilangkan bau amis. Anda hanya perlu menggunakan daun sereh sedikit dan angkat daun sereh ketika masakan sudah matang.

Pixabay.com

Nah, itu dia ke-12 pengganti garam yang bisa anda gunakan saat memasak MPASI untuk si kecil. ternyata ada banyak sekali bumbu dapur yang bisa anda gunakan sebagai pengganti garam ya! Sebaiknya anda menambahkan bumbu diatas ketika bayi menginjak usia 8 bulan untuk mencegah gangguan sistem pencernaan ataupun reaksi alergi pada tubuh bayi. Jika muncul adanya reaksi alergi segera bawa ke dokter terdekat untuk bisa mengetahui penyebab dan penanganan yang tepat.