4 Makanan Untuk Penderita Darah Tinggi, Wajib Tahu

 

Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi penyakit yang cukup umum diderita. Namun tetap tidak boleh disepelekan begitu saja, karena bisa menyebabkan komplikasi. Komplikasi mulai dari serangan jantung sampai stroke bisa mengancam nyawa. Berikut beberapa makanan untuk penderita darah tinggi yang bisa dicoba.

Daftar Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung banyak nutrisi dari kalsium, potasium, antioksidan sampai dengan kalium. Semua zat tersebut akan baik untuk mengontrol tekanan darah sekaligus juga mendukung fungsi pembuluh darah. Anda bisa mengkonsumsi brokoli ataupun bayam untuk sayuran hijaunya.

  1. Ikan Salmon

omega 3 yang terkandung pada salmon sangat tinggi. Kandungan lemak yang sehat ini akan membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu juga mampu untuk menekan peradangan di dalam tubuh. Ikan salmon juga bisa menurunkan kadar senyawa bernama oxylipin.

  1. Buah Buahan

Selain sayuran hijau, ada beberapa buah buahan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi anda. Seperti buah citrus yang biasanya didapatkan dari berbagai jenis jeruk. Mengandung banyak senyawa bioaktif, mineral dan juga vitamin yang efektif turunkan tekanan darah. Atau bisa juga buah bit yang memiliki kandungan nitrat.

Dengan mengetahui beberapa makanan yang baik untuk tekanan darah, anda akan mudah untuk mengatur pola makan yang sehat. selain pola makan, anda juga bisa mengatur gaya hidup yang lebih sehat. hindari stress dan rajin olahraga untuk menghindari tekanan darah menjadi tinggi lagi.