Yuk Mengintip Cara Membuat Gudeg Nangka Khas Jogja

Berkunjung ke kota Jogja, akan terasa kurang lengkap jika hanya mengunjungi wisata sejarah ataupun wisata alamnya saja. Sebab kota cantik satu ini menyimpan segudang menu kuliner lezat, yang mana salah satunya yang Gudeg yang dibuat dengan aneka rempah pilihan. Jika memang rindu atau penasaran dengan cita rasanya, tidak ada salahnya membuatnya sendiri dirumah. Berikut cara membuat gudeg nangka khas Jogja.

Resep Khusus Membuat Gudeg dari Nangka Khas Jogja

  1. Beberapa Bahan yang Perlu Dipersiapkan

Menyiapkan berbagai bahan masakan membuat gudeg, merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. Beruntungnya bahan dan proses membuat gudeg tidaklah sesulit seperti yang dibayangkan sebelumnya. Pasalnya, anda hanya memerlukan bahan yang tidak terlalu banyak, bahkan dijual di toko ataupun pasar tradisional terdekat. Inilah alasan mengapa anda harus mencoba membuatnya sendiri jika memang merindukan si gudeg khas Jogja.

Daftar bahan yang perlu dipersiapkan seperti santan encer yang berasal dari ┬╝ kilogram kelapa tua, 4 butir telur rebus, 200 gram daging sapi, dan tidak lupa 1 kilogram nangka muda yang dibersihkan terlebih dahulu lalu tiriskan sebagai pemeran utamanya. Pastikan semua bahan tersebut telah terbeli tanpa ada satupun bahan yang terlewatkan. Hal ini perlu diperhatikan, karena kurangnya satu bahan saja sangat berdampak pada rasa masakannya.

  1. Menyiapkan Aneka Bumbu Halus

Setelah semua bahan utama telah tersedia, tahapan cara membuat gudeg nangka selanjutnya yaitu menyiapkan bahan untuk membuat bumbu halusnya. Beberapa rempah yang diperlukan untuk membuatnya yaitu 6 buah kemiri sangrai, 5 siung bawang putih, serta 10 siung bawang merah yang kemudian diracik menjadi satu. Apabila sudah tercampur sempurna, sisihkan dahulu dan silahkan pada tahap selanjutnya.

  1. Meracik Bumbu Rebusan

Pada tahap ini, anda harus menyiapkan aneka rempah pilihan untuk meracik bumbu rebusannya. Beberapa bumbu rebusan yang diperlukan meliputi 7 lembar daun jeruk, 5 batang serai yang dimemarkan, 7 lembar daun salam, garam secukupnya, 1 sendok makan ketumbar bubuk, 1 bongkah besar gula merah yang disisir, serta 2 ruas lengkuas yang dimemarkan. Saat semua bahan membuat bumbu rebusan telah siap, anda pun siap mengolahnya.

  1. Proses Pembuatan Gudeg

Cara membuat gudeg nangka yang pertama, yaitu memasak semua bahan yang ada (terkecuali telur rebus) menggunakan api kecil hingga air santan mengalami penyusutan separuhnya. Kemudian masukkan telur rebus dan masak kembali hingga tidak ada lagi sisa air yang menggenang. Jika gudeg sudah matang, umumnya akan berubah menjadi coklat gelap. Setelahnya masukkan rempah daun, lengkuas, dan serai kemudian sajikan.

Gudeg merupakan salah satu kuliner khas Jogja yang begitu populer di kalangan wisatawan. Bahkan para pecinta kuliner akan mencarinya terlebih dahulu sebelum mencicipi kuliner khas yang lainnya. Kecintaan masyarakat kepada gudeg, lantaran rasanya yang begitu khas dan tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Namun jika sangat rindu dengan masakan Jogja, silahkan coba resep membuat si gudeng berdasarkan dari ulasan diatas.