Tips Membeli Motor Ninja 250 Bekas, Teliti Sebelum Memutuskan

Ada beberapa tips membeli motor ninja 250 bekas agar mendapatkan motor idaman dengan harga murah tetapi berkualitas. Bagi para pecinta motor sport, Kawasaki Ninja 250 adalah salah satu yang paling banyak diburu. Selain kecepatan yang dimiliki motor tipe ini, tampilan bodi yang terlihat gagah membuat nya diminati para lelaki. Banyak hal yang harus diperhatikan ketika ingin membeli motor ninja 250 bekas seperti misalnya owner manual guide pdf nya.

Table of Contents

Tips Membeli Motor Ninja 250 Bekas Berkualitas

  1. Cek Sistem Pengereman

 

Tips membeli motor ninja 250 bekas yang pertama adalah mengecek sistem pengereman motor. Pastikan kondisi sistem pengereman harus masih bagus. Cek piringan cakram, bila sudah tipis ini bisa jadi salah satu alasan Anda meminta harga lebih rendah.

Banyak yang dengan nakalnya melakukan reset supaya odometer terlihat masih rendah. Padahal jika piringan cakram tipis berarti odometer nya sudah tinggi. Jadi pastikan untuk melihat dengan teliti bagian ini sebelum memutuskan membeli motor ninja 250 bekas incaran.

  1. Cek Mesin

Tips membeli motor ninja 250 bekas yang kedua adalah pastikan mengecek mesin motor. Selalu perhatikan apabila baut – baut pada blok mesin sudah lecet atau masih bagus. Bila terlihat lecet maka mesin tersebut bekas bongkaran. Baut – baut yang perlu dicek adalah baut vital seperti baut bak mesin dan baut cylinder.

Langkah selanjutnya coba hidupkan mesin dan dengarkan suara nya. Suara mesin yang masih bagus terdengar halus dan standar. Bila suara mesin terdengar berisik artinya ada sesuatu yang salah dengan motor tersebut. Kemungkinan gear keteng atau kamprat motor sudah molor atau aus. Biaya perbaikan kerusakan ini lumayan tinggi, maka hati – hati dan cek dengan benar pada bagian mesin motor.

  1. Cek Radiator

Pengecekan radiator pada motor bekas sering kali dilupakan para pembeli. Radiator merupakan komponen penting dalam motor 2 cylinder karena motor tipe ini cepat panas. Cek secara mendetail bagian – bagian sekat radiator. Sebaiknya masih mulus dan tidak ada cacat akibat hantaman batu atau kecelakaan.

Bila ada cacat, biaya perbaikan bagian ini sama seperti perbaikan mesin motor. Sebelum mengeluarkan biaya lebih tinggi ada baiknya cek bagian radiator nya agar tetap mendapatkan motor ninja 250 bekas dengan harga murah dan tanpa biaya perbaikan tambahan.

  1. Cek Speedometer

Selanjutnya cek speedometer motor ninja 250 bekas yang ingin dibeli. Bila angka speedometer dirasa terlalu tinggi dan tidak sesuai dengan umur motor, hal ini patut dicurigai. Ada kemungkinan motor ini dipakai untuk jarak jauh setiap hari nya. Maka perlu dilakukan pengecekan pada rem abs.

Silahkan meminta untuk test ride dan bawa motor hingga jarak 100 meter. Sensor rem yang tidak hilang menandakan sistem pengereman rusak atau error. Biaya perbaikan bagian ini tidak setinggi komponen lain di atas. Mungkin bisa meminta penurunan harga beli kepada penjual atau meminta diganti terlebih dahulu.

  1. Cek Bodi Luar

Bodi luar motor ninja 250 bekas juga sangat menentukan harga beli motor ini. Bila ketika dilihat sekilas ada goresan – goresan atau penyok, maka harga yang ditawarkan seharusnya tidak lah tinggi. Terlebih lagi bila goresan dalam jumlah yang banyak bukan hanya satu atau dua goresan.

Jadi lihat sekeliling bodi motor incaran. Pastikan masih mulus dan sesuai dengan warna yang tercatat pada dokumen resminya. Bagian ini paling gampang untuk dicek.

Dokumen – Dokumen Penting

Tips membeli motor ninja 250 bekas yang terakhir adalah melakukan pengecekan dokumen – dokumen penting. Dokumen penting yang dimaksud adalah BPKB motor dan STNK harus sesuai dengan fisik motor. Mulai dari warna dan nomor mesinnya. Selain itu penting untuk mengecek owner manual guide agar tidak terjadi kesalahan saat pemakaian.

Surat bukti pajak juga harus ada bersama dokumen lainnya baik yang tahunan maupun lima tahunan. Jika sudah lengkap pastikan juga penjual memiliki faktur pembelian untuk menghindari hal – hal tidak diinginkan. Seperti misalnya membeli motor curian.

Itulah tips – tips membeli motor ninja 250 bekas. Membeli motor bekas menjadi alternatif jika ingin memiliki motor dengan harga rendah. Namun jangan hanya tergiur harga rendah, motor bekas juga harus memiliki kualitas yang baik. Pastikan motor yang ingin dibeli dalam keadaan bagus dan masih terlihat baru untuk menghindari adanya biaya – biaya perbaikan yang tidak diinginkan. Silahkan meneliti dan menjadi konsumen pintar.