4 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Kulit manggis sudah sejak lama dikenal sebagai obat herbal. Produk dari bahan dasar ini juga banyak yang dijual di pasaran. Manfaat yang dimiliki tidak terlepas dari keberadaan zat xanthones. Berikut ini adalah 4 manfaat kulit manggis untuk kesehatan yang harus diketahui.

Kandungan Kulit Manggis

Selain mengandung zat xanthones, kulit manggis juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, antioksidan dan asam amino. Kandungan nutrisi tersebut yang kemudian membuat kulit manggis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.  Tidak mengherankan jika keberadaannya terus dikenal dan dikonsumsi sebagai obat herbal.

4 Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan yang pertama adalah bisa mencegah terjadinya penyakit jantung. Hal ini dikarenakan manggis memiliki kandungan serat yang bisa meningkatkan HDL dan mengurangi LDL serta trigliserda. Secara tidak langsung bahan herbal ini mampu mengendalikan kadar kolesterol.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam kulit manggis ditemukan kandungan vitamin C yang berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C tersebut bisa mengaktifkan sistem kekebalan tubuh sehingga seseorang tidak akan mudah terserang berbagai penyakit.

  1. Mencegah Kanker

Zat xanthones dalam kulit manggis dipercaya bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker. Kandungan antioksidan yang ada di dalamnya juga bisa mencegah proliferasi sel kanker. Buatlah kulit manggis menjadi teh kemudian dikonsumsi.

  1. Mengatasi Diabetes

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk mengatasi diabetes. Hal ini dikarenakan kulit manggis mempunyai kemampuan dalam mengontrol kadar gula darah. Selain itu, bagian buah ini juga mengandung rendah kalor yang aman dikonsumsi oleh pengidap diabetes.