Tips Memilih Tema WordPress SEO Friendly yang Terbaik

Tema pada WordPress merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini karena pengunjung akan melihatnya pertama kali ketika membuka website Anda. Jadi, tidak hanya pemilihan warna dan penempatan konten yang tepat saja, namun juga pemilihan tema yang tepat akan membuat pengunjung merasa betah untuk berlama-lama berselancar pada website Anda.

Pertama kali menggunakan WordPress sebagian besar pengguna akan seringkali menggonta-ganti tema. Hal ini karena mereka merasa kurang puas setelah diterapkan. Padahal cara seperti ini tidak akan berdampak baik terhadap kualitas website. Untuk itu, sebaiknya pikirkanlah dengan baik-baik sebelum Anda memilih tema yang tepat. Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti dalam memilih tema WordPress.

Tips Memilih Tema WordPress SEO Friendly

Pixabay.com
  1. Penampilan website

Tampilan suatu website amat menentukan lama waktu pengunjung dalam berselancar di situs Anda. Untuk dapat memilih tema yang tepat, sebaiknya pilihlah tema yang sesuai dengan isi konten pada website Anda. Hal ini tentu akan lebih membuat pengunjung merasa nyaman melihatnya. Selain itu, pilihlah desain yang sederhana namun menarik. Kecuali jika memang website diperuntukkan anak-anak.

Tema yang sederhana tidak akan membingungkan pengunjung juga saat menikmati pengalaman menu-menu yang disediakan. Tampilkan menu-menu dengan jelas dan mudah dibaca oleh pengunjung.

  1. Desain yang responsif

Pengguna internet tidak hanya mereka yang selalu bekerja dengan komputer ataupun laptop saja, namun juga telah banyak yang menggunakan smartphone. Untuk memilih tema yang responsif amat penting. Pilihlah tema-tema yang dapat menyesuaikan tampilan ramah smartphone sehingga tampilan website akan mengikuti resolusi layar handphone pengunjung.

Tema yang responsif juga tidak akan membingungkan pengunjung ketika sedang mencari informasi pada situs Anda melalui smartphone mereka. Umumnya, menu-menu akan berubah mengikuti tampilan layar pada handphone. Cara ini akan membuat pengunjung betah berlama-lama di situs Anda.

  1. Tema yang ringan

Pemilihan tema-tema dengan kapasitas yang lebih ringan akan semakin mempercepat saat pemrosesan pembukaan halaman. Tentu hal ini akan membuat pengunjung lebih nyaman saat berselancar. Untuk itu, pilihlah tema yang sederhana dan ringan. Apabila Anda membutuhkan fitur-fitur yang penting, tinggal menambahkan plugin yang sesuai dengan kebutuhan.

Dibandingkan dengan tema yang super lengkap yang dapat membuat proses loading lama, pilihlah tema ringan. Tema yang kompleks sebaiknya tidak dipilih karena akan banyak menu-menu yang tidak akan terpakai sehingga harus melakukan manajemen ulang dan banyak menghapus di beberapa tempat.

  1. Dukungan browser

Website yang Anda miliki tentu saja tidak hanya akan dibuka pada satu jenis browser saja. Selain itu, terkadang beberapa smartphone memiliki browser bawaan yang berbeda-beda. Untuk itu, pilihlah tema yang dapat disesuaikan dengan berbagai jenis browser. Tentu tidak akan nyaman bagi konsumen jika suatu website yang dibuka pada browser tertentu dan tidak tampil secara optimal.

Sayangnya tidak semua tema mencantumkan browser apa saja yang cocok. Untuk dapat mengetahuinya, sebaiknya Anda menghubungi pengembang untuk mengetahui browser apa saja yang cocok dengan tampilan tema yang akan diterapkan pada website.

  1. Cocok dengan Plugin SEO

Plugin merupakan hal yang penting dalam pengembangan sebuah website berbasis WordPress. Untuk itu, pilihlah tema yang tepat agar plugin dapat digunakan sebagai mana mestinya. Tema-tema yang dikembangkan untuk keperluan SEO sudah pastinya akan sesuai juga dengan plugin yang digunakan untuk mendukung SEO tersebut.

Setelah mengetahui tips-tips cara memilih tema WordPres SEO friendly di atas, berikut beberapa rekomendasi tema yang SEO friendly yang dapat Anda gunakan untuk membuat website semakin menarik.

Rekomendasi Tema WordPress SEO Friendly

Pixabay.com
  1. OceanWP

Rekomendasi tema WordPress SEO friendly yang pertama yaitu OceanWP. Tema ini merupakan tema yang paling banyak digunakan diantara pengguna WordPress. Terbukti bahwa OceanWP ini telah diunduh oleh lebih dari dua juta penggunanya. Hal ini tentu saja menunjukkan bahwa tema tersebut SEO friendly dan banyak peminatnya.

OceanWp merupakan tema yang responsif sehingga mobile friendly serta memiliki fitur navigasi yang tegas. Selain itu, juga memiliki waktu loading yang cepat sehingga saat membuka halaman website tidak membutuhkan waktu yang lama.

  1. Astra

Tema berikutnya yang tidak kalah bagusnya dengan OceanWP adalah Astra. Tema ini juga termasuk yang memiliki respon loading cepat, ringan dan responsif. Jadi tidak heran juga jika menjadi tema favorit di WordPress.

Untuk dapat menyesuaikan tema yang tepat dengan konten-konten yang akan diterbitkan pada website, Anda dapat berkonsultasi dengan Atlanta SEO Company. hal ini tentu akan mempermudah dalam pengelolaan website yang sedang dikembangkan.