Inspirasi Desain Rumah Type 36, Cocok Untuk Pasangan Muda yang Baru Menikah

Menjadi pasangan suami dan istri yang baru menikah, memang masih memerlukan beberapa adaptasi dan persiapan dalam merancang dan membangun sebuah rumah. Biasanya, pasangan muda lebih menyukai tipe rumah sederhana seperti desain rumah type 36 yang dinilai ideal bagi pasangan muda. Yuk, simak inspirasi desain rumah kecil idaman untuk pasangan muda disini.

Inspirasi Rumah Kecil Sederhana Untuk Pasangan Muda

  1. Rumah 1 Lantai dengan Ruang Tengah Luas

Rumah kecil dengan ukuran 36 yang bisa anda bangun dengan pasangan adalah, rumah lantai 1 dengan ruang tengah yang luas. Rumah dengan model desain seperti ini, cocok untuk anda yang sering menghabiskan waktu untuk menonton televisi atau melakukan aktivitas secara kolektif bersama dengan pasangan. Meski di dalam bayangan terlihat sempit, namun anda bisa menyiasatinya.

Anda bisa mencoba untuk menggabungkan bangunan ruang tamu dan juga ruang keluarga, pada satu petak luas yang sama. Untuk membuatnya terlihat lebih lapang, anda bisa menghilangkan sekat pada ruangan, lalu menandainya dengan warna tembok yang berbeda. Sisa ruangan lainnya, kemudian bisa anda manfaatkan untuk membuat dapur, kamar bahkan garasi.

  1. Rumah 2 Lantai, Untuk Rencana Keluarga Lebih Banyak

Meskipun masih tinggal berdua dengan pasangan karena belumĀ  memiliki anggota keluarga tambahan, bukan berarti anda tidak bisa mempersiapkannya dari sekarang. Anda bisa memanfaatkan rumah type 36 untuk dibangun menjadi dua lantai dengan optimalisasi ruangan sesuai yang anda dan pasangan inginkan, termasuk untuk menyiapkan ruangan untuk anak anda.

Anda bisa menempatkan taman kecil dan juga garasi di bagian depan lantai 1 rumah. Lalu, lantai 1 diisi dengan ruang keluarga, ruang tamu, dapur dan juga ruang makan. Anda juga bisa menambahkan musholla kecil di ujung bangunan, jika masih tersedia ruangan. Untuk lantai 2, dapat anda manfaatkan untuk semua lokasi kamar tidur anak maupun kamar tidur utama.

  1. Rumah Mungil dengan 1 Kamar Tidur

Rumah sederhana lainnya yang bisa dibangun untuk semua istri adalah rumah kecil dengan type 36, yang hanya memiliki 1 kamar tidur. Rumah dengan gaya seperti ini adalah salah satu contoh yang bisa diterapkan ketika anda ingin mengoptimalkan ruangan. Karena masih berdua saja, anda belum membutuhkan tambahan kamar lain yang mungkin malah akan menjadi tidak terpakai.

Sebagai gantinya, anda dapat memperluas ruangan lainnya agar terasa lebih lapang. Seperti memperluas ruang tamu dan ruang keluarga, agar bisa menampung banyak tamu atau keluarga yang datang pada acara-acara tertentu. Atau, anda bisa memanfaatkan sisa lahan yang tersedia untuk membuat ruangan khusus wardrobe yang terhubung langsung ke kamar tidur utama anda.

  1. Rumah Sederhana Bergaya Minimalis

Rumah Type 36 memang sangat cocok untuk dijadikan sebagai rumah modern bergaya minimalis yang banyak digemari saat ini. Untuk menciptakan suasana rumah yang minimalis, anda bisa memanfaatkan ruangan yang ada dengan seoptimal mungkin. Anda bebas memilih ingin membangun ruangan apa saja di rumah ini, asalkan tetap memperhatikan konsep rumah minimalis.

Salah satu kunci dari rumah modern yang minimalis adalah tidak banyaknya penggunaan barang-barang, maupun ornamen yang membuat rumah terkesan ramai. Furniture yang dipilih terkesan kecil dan dipadukan dengan warna-warna hangat yang modern. Jika ingin membuat ruangan minimalis anda terlihat luas, manfaatkan furniture berukuran besar sebagai sekat antar ruangan.

  1. Rumah Model 36 dengan 2 Kamar Tidur

Pantas saja rasanya jika type 36 menjadi model rumah ideal bagi pasangan muda atau keluarga kecil. Ukuran rumah ini, sangat pas dibangun untuk keluarga dengan jumlah anggota 3 atau 4 saja. Jika anda memiliki rencana memiliki anak tidak terlalu banyak, maka bisa mencoba untuk membangun rumah sederhana ini, yang dilengkapi dengan hanya 1 kamar tidur utama, dan 1 kamar anak.

Dengan begitu, anda tidak akan menyia-nyiakan ruangan untuk dijadikan kamar terlalu banyak, yang dikemudian hari tak jarang beralih fungsi menjadi gudang penyimpanan saja. Untuk ruangan lainnya, anda bisa memilih menambah ruangan kerja kecil, agar dapat digunakan ketika anda atau pasangan diharuskan membawa pekerjaan untuk diselesaikan di rumah.

  1. Hunian Kecil nan Mewah

Meski hanya memiliki sepetak rumah berukuran 36 m, bukan berarti anda tidak bisa menyulapnya menjadi terlihat lebih mewah. Anda bisa menambahkan taman berukuran kecil pada bagian depan dan belakang rumah, untuk menambah kesan rumah yang megah. Sehingga, dari bagian depan akan tampak taman bunga kecil beserta garasi, dan di bagian belakang terlihat teras untuk bersantai.

Beberapa inspirasi untuk membuat hunian kecil nan mewah ini dapat anda lihat di gabdearq.com yang selalu memberikan ide-ide baru seputar hunian. Bagian tengah rumah type 36 , dapat anda manfaatkan untuk membuat ruang makan yang tidak terletak jauh dari ruang keluarga. Sehingga, aktivitas anda dan keluarga semuanya dapat terpusat di tengah ruangan dan membuat lebih dekat.

  1. Rumah Mungil Bertingkat

Anda khawatir membangun rumah dengan tangga yang tinggi dapat membahayakan si kecil yang sedang aktif berjalan? Untuk itu, anda bisa menyiasatinya dengan membangun rumah mungil yang bertingkat. Sekilas, mungkin konsep rumah ini sama dengan rumah tingkat dua lantai yang biasanya anda temui. Namun, keduanya sebenarnya memiliki perbedaan.

Rumah mungil bertingkat, dapat anda bangun dengan model lantai satu setengah. Sehingga, lantai diatasnya, hanya dihubungkan dengan tangga yang berundak tidak terlalu tinggi, begitupun pada atapnya. Sehingga, ketika di kemudian hari anda menginginkan membuat satu lantai tambahan seiring dengan bertambahnya anggota keluarga, anda hanya perlu meninggikan atapnya saja.

Di ruangan yang hanya memiliki luas setengah ini, dapat anda manfaatkan untuk ruang tidur anak yang bersebelahan. Selain bermanfaat untuk mengoptimalkan fungsi ruangan, dengan ruangan yang bersebelahan juga dapat memupuk kedekatan yang ada diantara kedua saudara. Anda juga bisa menambahkan jendela yang cukup besar, sebagai jalan masuknya cahaya matahari ke rumah.

Memiliki rumah dengan ukuran yang tidak terlalu luas, memang tidak melulu membuat anda kehilangan gerak bebas dalam memanfaatkan lahan dan ruangan yang ada. Asalkan anda mengerti cara tata letak ruangan, dan memadukan konsep yang pas rumah yang hanya berukuran 36 meter pun dapat terlihat megah, luas, dan terkesan modern.