Cara Rayap Berkembang Biak Adalah Bertelur

Ulasan kali ini akan membahas lebih detail mengenai hama rayap dan cara berkembang biaknya. Tentu rayap bukanlah hewan yang asing bagi anda. Rayap bisa ditemukan dengan mudah di beberapa tumpukan kayu yang sudah lapuk ataupun berada di perbaotan rumah anda yang berbahan kayu. Rayap adalah sebuah hama yang sangat meresahkan apabila dibiarkan begitu saja. Kenapa meresahkan? Keberadaan dari rayap ini mampu merusak beberapa barang berbahan kayu yang ada di rumah anda. Itulah yang membuat orang resah ketika ada rayap dirumahnya. Hama rayap sangat cepat merusak barang berbahan kayu karena jumlahnya yang sangat banyak. Seperti yang kita tahu bahwa hama rayap termasuk dalam hewan yang berkoloni. Keberadaan mereka selalu ditemukan berkelompok dengan jumlah yang tidak bisa dihitung karena sangat banyak.

Tahukah anda bahwa rayap dan laron adalah hewan yang sama? Ya rayap dan laron sebenarnya adalah satu hewan yang sama. Rayap adalah laron kecil yang belum mempunyai sayap. Ketika masih kecil maka rayap akan selalu bersama dengan koloninya hingga bisa menjadi laron. ┬áSetelah menjadi dewasa maka rayap akan berubah menjadi laron yang mempunyai sayap. Sayap yang tumbuh tersebut akan digunaka ┬álaron untuk mendapatkan pasangannya. Mungkin anda sudah tahu mengenai hal ini. Cara berkembang biak dari rayap ini adalah dengan bertelur. Jumlah telur rayap sangat banyak, wajar jika jumlah koloni rayap ketika ditemukan tidak bisa dihitung. Dalam suatu koloni rayap akan ada salah satu rayap yang dianggap sebagai ratu. Dimana nantinya ratu inilah yang akan melahirkan telur – telur bayi rayap yang baru dan membentuk koloni dengan jumlah yang lebih banyak.

Hama rayap dianggap sebagai hewan yang rantai perkembangannya tidak bisa diputuskan. Apa maksudnya? Maksudnya adalah akan selalu lahir rayap baru walaupun ada beberapa rayap yang telah mati atau dewasa. Rayap memang memakan kayu namun rayap juga termasuk hewan kanibal yang mana memakan sesamanya sendiri ketika ada yang mati. Rantai kehidupan dari rayap memang tidak bisa diputuskan dengan mudah, itulah yang membuat proses pembasmian dari hama rayap sangat sulit untuk dilakukan. Membutuhkan kesabaran untuk bisa benar – benar membuat hama ini tidak lagi bersarang di rumah anda. Bahkan jika sudah melakukan beberapa cara untuk membasmi rayap namun tidak berhasil maka akan menggunakan jasa pembasmi rayap. Dengan begitu rayap bisa dengan mudah dibasmi.

Rayap terbagi menjadi raja dan ratu rayap. Raja dan ratu ini mempunyai peran yang sangat penting untuk bisa menghasilkan bayi – bayi rayap yang baru sehingga koloni mereka bisa lebih banyak lagi. Selain ada raja dan ratu koloni rayap juga terdiri dari prajurit dan para pekerja. Bagaimana cara membedakan antara raja ratu dengan para prajurit? Anda bisa melihat dari segi ukurannya. Ukuran prajurit akan lebih kecil dibandingkan dengan raja ratu rayap. Jika raja dan ratu mempunyai tugas untuk menghasilkan bayi baru maka berbeda tugasnya dengan para prajurit. Para prajurit rayap ini mempunyai tugas untuk membuat sarang. Sarang hama rayap ini terbuat dari tanah, air liur, kotoran rayap, dan kunyahan kayu. Bahan – bahan tersebut dikumpulkan menjadi satu sehingga bisa terbentuklah sarang.

Ada juga rayap pekerja ini mempunyai tubuh yang kecil dan berwarna putih. Tugas rayap pekerja adalah mengumpulkan makanan. Itulah beberapa hal mengenai raja ratu, prajurit, hingga pekerja. Setiap jenis rayap mempunyai tugasnya masing – masing. Untuk bisa menjalankan kehidupan rayap dengan baik maka tugas tersebut harus dijalankan sebaik mungkin. Lalu apa yang akan terjadi dengan rayap dewasa setelah mempunyai sayap? Setelah rayap dewasa dan mempunyai sayap maka rayap tersebut bisa bebas mencari pasangannya. Setelah mendapatkan pasangan maka rayap akan melepaskan sayapnya dan melakukan proses kembangbiak.

Proses perkembangbiakan rayap memang cukup unik. Dikatakan unik karena ada beberapa hal yang tidak selayaknya dialami oleh hewan lain. Tahukah anda bahwa ketika rayap berubah menjadi laron dan berusaha mencari pasangan, maka ketika malam itu juga rayap tidak mendapatkan pasangan laron tersebut akan mati. Sehingga ketika laron berhasil mendapatkan pasangan, laron akan melepaskan sayapnya dan melakukan proses kembangbiak. Laron juga mempunyai kasta sehingga tidak mudah untuk mendapatkan pasangan. Laron akan berusaha untuk mencari pasangan yang berada di dekatnya. Laron akan lahir mendekati cahaya agar bisa mendapatkan pasangannya. Wajar jika laron selalu memenuhi ruangan yang terdapat lampu terang.

Itulah beberapa hal mengenai cara berkembangbiak hama rayap. Bagi anda yang tengah direpotkan dengan pembasmian hama rayap tentu anda harus mengenal rayap lebih dala terlebih dahulu. Semakin anda tahu cara bekembangbiak atau adaptasinya maka anda akan lebih mudah untuk membasminya. Ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk membasmi rayap mulai dari cara yang alami hingga menggunakan bahan kimia. Jika perlu anda juga bisa memanfaatkan adanya jasa pest control sehingga bisa mengendalikan hama rayap di rumah anda lebih mudah. Cara berkembangbiak rayap hingga menjadi laron memang terbilang unik.