Cara Budidaya Udang Air Tawar Untuk Pemula

Udang merupakan salah satu hewan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Tingkat konsumsi udang di Indonesia sangatlah tinggi. Untuk itu, udang sangat menarik untuk dibudidayakan dan mendatangkan keuntungan. Kamu bisa juga mencari cara budidaya udang air tawar dan menjualnya ketika panen.

Untuk membudidayakan udang air tawar sendiri bisa dibilang gampang-gampang susah. Kamu bisa memilih salah satu jenis udang yang memang cocok untuk dibudidayakan. Contoh udang yang bisa dibudidayakan adalah udang vaname atau biasa dikenal juga dengan udang putih. Untuk itu, artikel ini akan membahas mengenai cara budidaya udang air tawar dengan mudah.

Cara mudah budidaya air tawar

Tahapan untuk melakukan budidaya udang air tawar cukup mudah. Meskipun begitu, kamu harus mengetahui dengan baik urutan yang pas dari budidaya air tawar ini.

Persiapan kolam atau media budidaya

Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan media budidaya. Media yang paling sering digunakan adalah kolam. Meskipun begitu, kamu bisa juga menggunakan akuarium kaca. Formula yang sering digunakan adalah setiap satu meter kubik bisa diisi dengan 10 ekor udang.

Pemilihan bibit

Setelah media budidaya sudah disiapkan. tahap selanjutnya adalah memilih bibit udang. Pilihlah bibit yang sehat dan berkualitas. Kriteria yang bisa dipilih antara lain:

  • Bibit harus sehat, tidak pucat, maupun cacat.
  • Ukuran bobot seragam di angka 0,1-0,3 gram.
  • Kulit terlihat mengkilap.
  • Bergerak dengan lincah.

Proses budidaya

Proses budidaya yang harus kamu lakukan antara lain menjaga agar air tetap bersih dan nutrisi tercukupi. Pastikan suhu air berada di angka 25-27 derajat dan pH air di angkat 6-7. Kamu juga bisa menggunakan oksigen dengan bantuan pompa.

Perawatan

Menjaga pakan tetap terjaga merupakan hal yang wajib dilakukan. Kamu bisa menggunakan pakan dua kali sehari dengan dosis 40 % di pagi hari dan 60 % di sore hari. Gunakan bahan pakan seperti biji jagu, tepung terigu, dan ketan. Jaga juga kondisi air hingga proses panen tiba.