Bolehkah Ibu Hamil Minum Soda

Minuman soda memang berasa nikmat dengan sensanu yang menggelitik di lidah, tapi bolehkah ibu hamilĀ  minum soda? Meskipun warna soda menggoda apalagi dengan rasa yang menyegarkan, banyak yang mengatakan jangan terlalu sering mengonsumsinya karena bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan dan tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Pada masa kehamilan, memang banyak terjadi perubahan dalam diri. Aktivitas yang dilakukan ibu hamil serta konsumsi makan dan minuman memang harus dipilih dengan berhati-hati. Sebab hal tersebut bisa berdampak terhadap kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam jumlah sedang, aman bagi ibu hamil. Apabila mengonsumsi sesuatu dengan jumlah yang melebihi batas maka akan mengganggu kesehatan ibu hamil dan janin.

Lalu bolehkan ibu hamil minum soda? Nah sebelum lanjut melakukan pembahasan, terlebih dahulu Anda harus paham terkait kandungan yang ada dalam minuman soda.

  1. Gula

Kandungan gula yang ada dalam soda memiliki jumlah yang relatif tinggi, sehingga membuat insulin meningkat. Insulin yang meingkat dengan stabil sangat penting berperan untuk menunjang tumbuh kembang janin. akan tetapi jika mengonsumsi soda yang mengadung jumlah tinggi bisa membat ibu hamil obesitas.

  1. Kafein.

Kandungan kafein yang ada pada minuman soda tergolong sangat tinggi dan bisa membuat ibu hamil mengalami tekakan darah tinggi, selain itu dampak yang diberikan oleh kafein antara lain adalah dehidras, sembelit dan bisa membuat perkembangan motorik serta sistem saraf menjadi terganggu.

  1. Pemanis buatan.

Produk soda yang ada dipasaran biasanya tidak mengandung kafein, melainkan pemanis buatan. Pemanis buatan bisa berdampak buruk terhadap janin yang menyebabkan kecacatan lahir.

Adapun efek yang diberikan jika keterllau sering minum soda adalah sebagai berikut.

  1. Penyebab terjadinya hipertensi.
  2. Penyebab meningkatnya resiko cacat lahir pada bayi.
  3. Kenaikan berat badan pada janin yang terlalu banyak karena konsumsi gula.
  4. Adanya resiko keguguran karena konsumsi kafein yang berlebihan.

Nah, penjelasan diatas merupakan kandungan dan resiko terlalu banyak mengonsumsi soda. Demikianlah ulasan tentang bolehkah ibu hamil minum soda.