Mudah Dibuat, Yuk Simak Cara Bikin Rak Sepatu Gantung Yang Murah Dan Sederhana

Memiliki rumah dengan ukuran terbatas pastinya akan membuat kebingungan untuk menata perabotannya. Belum lagi jika penghuni memiliki banyak koleksi sepatu, yang pastinya membutuhkan rak penyimpanan. Jika menggunakan tempat sepatu model biasanya, pastinya akan memakan tempat. Maka, solusi yang baik adalah dengan menghadirkan rak gantung. Yuk simak cara bikin rak sepatu gantung yang sederhana berikut ini.

Table of Contents

Langkah Membuat Rak Sepatu Gantung Yang Murah Dan Sederhana

  1. Rak Gantung Dari Bahan Kayu

 

Untuk membuat rak sepatu sederhana tersebut cukuplah mudah, selain itu bahan yang digunakan juga tidak harus mahal. Dalam membuatnya, anda hanya memerlukan bahan triplek dengan ketebalan 3 mm dan tali kawat. Bahan triplek yang digunakan tidak harus baru, anda juga bisa membuatnya dari bekas limbah proyek. Selain bahan tersebut, anda juga bisa menggunakan kayu palet yang dikombinasikan dengan tali tambang dengan warna senada.

Adapun bahan yang harus disiapkan untuk membuat rak sepatu adalah cutter tau gergaji, paku, penggaris, palu dan pensil. Jika anda menggunakan kayu palet, maka ada baiknya untuk menggunakan bor untuk melubangi, sehingga tambang bisa masuk dengan mudah. Apabila alat dan bahan telah telah tersedia dengan lengkap, maka anda bisa langsung eksekusi untuk membuatnya.

Cara bikin rak sepatu gantung dari bahan kayu yang pertama dilakukan adalah, dengan membuat pola kotak dengan pensil pada permukaan lembaran triplek. Untuk ukurannya, anda bisa menggunakan skala panjang 30 cm dengan lebar 12 cm. Tak harus sama dengan ukuran tersebut, anda bisa menggunakan skala sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Agar terlihat bersusun, maka anda bisa membuat ukuran serupa sebanyak empat buah.

Apabila pola yang dibuat sudah selesai, lanjutkan memotong pola tersebut dengan menggunakan bantuan cutter dan penggaris. Jika anda menggunakan bahan kayu palet, maka ada baiknya untuk memakai gergaji untuk memotongnya. Kemudian, agar tampak rapid an tidak melukai tangan, tumpulkan setiap sudut bekas potongan pada papan triplek atau kayu.

Selanjutnya, anda bisa melubangi tiap ujung sudut papan triplek menggunakan paku. Apabila anda menggunakan bahan kayu, akan lebih baik jika menggunakan bor untuk melubanginya, sehingga tampilannya menjadi terlihat rapi. Pastikan bahwa ukuran lubangnya sesuai dengan besaran kawat atau tali yang anda gunakan. Setelah itu, rangkailah tali atau kawat pada setiap lubang di sudut triplek atau kayu.

Agar papan kayu ataupun triplek yang digunakan tidak bergeser, maka buatlah sampul penahan pada bagian bawah tiap lubangnya. Setelah itu, anda bisa menggantungkannya pada area dinding rumah yang diinginkan. Untuk membuatnya semakin terlihat menarik, anda bisa memolesnya dengan menggunakan cat dengan warna yang disesuaikan dengan keinginan. Itulah  cara bikin rak sepatu gantung yang mudah dan sederhana.

Bagi anda yang menggunakan bahan kayu palet, sangat disarankan untuk memolesnya menggunakan pelitur saja, sehingga warna alami dari kayu masih tampak dengan baik. Selain itu, bila anda memilih bahan ini, ada baiknya untuk menggunakan tali tambang untuk merangkai papan, dengan warna yang senada kayu. Dengan begitu, shoe rack ideas ini akan memiliki tampilan yang etnik dan estetik.

  1. Rak Gantung Dari Bahan Kardus

Selain dari bahan kayu, anda juga bisa membuat rak gantung untuk sepatu tersebut dari material kardus bekas. Untuk alat yang dibutuhkan adalah cutter atau gunting, pensil, penggaris, obeng, bor listrik, fisher ukuran 6s, dan dua pasang paku ulir. Sedangkan bahan yang dibutuhkan, yaitu kardus bekas dengan ketebalan 6 mm, dua buah tutup botol plastik, lem putih dan tembak, serta lakban transparan.

Selain bahan tersebut, anda juga bisa menambahkan bahan tambahan, seperti kertas kado atau cat, jika menginginkan tampilan rak tampak menarik. Sebelum langsung membuatnya, ada baiknya anda memilih bahan kardus yang digunakan. Sangat dianjurkan untuk menggunakan material yang sedikit tebal agar rak sepatu kuat dan tidak gampang rusak. Biasanya, jenis kardus yang digunakan adalah bekas bungkus kulkas ataupun TV.

Langkah awal cara bikin rak sepatu gantung adalah dengan menyediakan kardus bekas dan dua buah tutup botol plastik. Kemudian, potong bahan kardus tersebut sesuai desain yang telah anda tentukan. Pastikan bahwa kardus yang digunakan tidak sobek dan ketebalannya masih utuh atau tidak terkena tekanan. Kemudian, lapisi kardus dengan lakban transparan, agar rak yang dibuat nantinya tidak gampang rusak ketika terkena air.

Pastikan bahwa semua sisi kardus terlapisi dengan baik, kecuali pada bagian tertentu yang nantinya di lem. Setelah itu, buatlah lubang untuk bagian gantungan dengan menggunakan cutter atau gunting. Adanya lubang tersebut sebagai tempat tutup botol, jadi pastikan ukurannya sesuai dengan tutup. Jika lubang sudah siap, maka tempelkan tutup botol pada area tersebut dengan menggunakan lem tembak.

Hadirnya tutup botol tersebut akan berperan sebagai penahan paku ulir saat dipasang, sehingga tidak merobek kardus. Apabila semua persiapan sudah cukup, maka tahap selanjutnya adalah merangkai semua potongan kardus tersebut dengan menggunakan lem putih atau lem kayu. Perekat jenis tersebut sangat dianjurkan karena ketika kering akan melekatkan bagian kardus dengan sempurna.

Sebelum anda merangkainya, ada baiknya untuk membuat lubang pada bagian tengah dan ujung kanan kiri, pada dasar papan kardus. Dimana, adanya lubang berbentuk persegi tersebut berfungsi untuk sebagai tempat pembuangan debu atau kotoran yang mungkin masuk. Untuk area pembuangan tersebut tidak harus lebar, hanya sekitar 1 cm saja.

Selanjutnya, anda tinggal merangkainya menjadi bentuk rak sepatu sesuai dengan desain yang telah dibuat. Agar tampilan tampak rapi, bagian sisi sambungan kardus yang masih terbuka bisa anda lapisi dengan lapisan kardus yang tersisa. Jika ingin tampak semakin cantik anda bisa melapisinya dengan kertas kado yang telah disediakan. Setelah itu, anda tinggal memasangnya pada dinding dengan menggunakan bantuan bor listrik dan fisher.

Untuk membuat rak gantung untuk sepatu tidaklah sulit, apalagi bahan yang digunakan juga cukup mudah untuk didapatkan. Selain itu, budget yang dikeluarkan juga relatif lebih murah dibandingkan dengan beli langsung di toko. Apalagi, jika menciptakannya sendiri tentunya anda bisa mendesainnya sesuai dengan kreativitas. Beberapa cara membuat rak gantung untuk koleksi sepatu anda tersebut bisa anda jadikan inspirasi.