Peran dan fungsi manajemen sumber daya manusia

Apa saja sih Peran dan fungsi manajemen sumber daya manusia? Jika kalian ingin mengetahui lebih detail informasi yang berkaitan tentang Manajemen Sumber Daya Manusia, silahkan simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Peran Manajemen Sumber Daya Manusia

Perusahaan, organisasi, terlepas dari bidang dan ukurannya, jika ingin berhasil, pertama-tama harus dimulai dari masalah manajemen manusia. Oleh karena itu, bahkan sebuah perusahaan dengan sumber daya yang besar, meskipun memiliki akses ke pencapaian ilmiah dan teknis yang canggih, tidak ada gunanya untuk tidak tahu bagaimana mengelola orang. Dapat dilihat bahwa manajemen sumber daya manusia adalah titik awal yang penting dari setiap organisasi (keluarga, sekolah, kantor, bisnis, …).

Pentingnya manajemen sumber daya manusia telah meningkat di seluruh dunia dalam beberapa dekade terakhir karena sebagian besar bisnis menghadapi persaingan ketat di pasar. Organisasi manajemen pada umumnya dan bisnis pada khususnya dipaksa untuk meningkatkan organisasi di mana faktor manusia sangat penting. Menemukan orang yang tepat untuk menetapkan pekerjaan atau posisi yang tepat adalah masalah yang menjadi perhatian semua jenis organisasi saat ini.

Profesor Dr. Letter C. Thurow, seorang ekonom dan administrator dari Institut Teknologi Mas Sachusett (MIT), mengatakan: “Kunci untuk kelangsungan hidup dan pengembangan perusahaan adalah orang-orangnya. bahwa perusahaan itu. Mereka adalah orang-orang yang berpendidikan tinggi, terlatih, etis, berbudaya, dan berpengetahuan luas yang bekerja secara efektif. ”

Dan Profesor Dr. Robert Keich berkata: “Satu-satunya sumber daya nasional yang sesungguhnya adalah tenaga, kecerdasan, dan kreativitas mereka. Itulah yang akan menentukan masa depan kemakmuran ”.

Manajemen sumber daya manusia menciptakan penyesuaian dan keharmonisan orang dalam kolektif, sehingga membentuk wajah budaya perusahaan, yang berkontribusi untuk menentukan keberhasilan perusahaan. Riset manajemen sumber daya manusia membantu para manajer mempelajari cara berurusan dengan orang lain, mengetahui cara mengajukan pertanyaan, mendengarkan, menemukan bahasa yang sama dengan karyawan, dan mengevaluasi karyawan dengan baik, tahu bagaimana membujuk mereka untuk bersemangat tentang pekerjaan mereka, meningkatkan efisiensi organisasi.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Bagi Indonesia, negara dengan ekonomi yang mentransformasikan tingkat teknologi yang rendah, ekonomi yang tidak stabil dan kebijakan Negara bahwa proses pembangunan harus dilakukan oleh rakyat dan untuk sumber daya manusia, manajemen sumber daya manusia adalah sistem filosofi, kebijakan dan kegiatan fungsional tentang menarik, melatih mengembangkan dan mempertahankan orang-orang dari suatu organisasi untuk mencapai hasil yang maksimal. untuk organisasi dan karyawan.

Kegiatan produksi dan bisnis saat ini menimbulkan banyak masalah bagi manajemen sumber daya manusia, termasuk berurusan dengan perubahan dalam lingkungan bisnis, fluktuasi pasar tenaga kerja yang terus berubah, dll. Tergantung pada karakteristik struktur organisasi, keuangan, tingkat pengembangan organisasi.

Hampir semua organisasi harus melakukan kegiatan dasar berikut ini: mengidentifikasi kebutuhan staf, merencanakan perekrutan, kepegawaian, pelatihan, remunerasi, dll. Sumber daya manusia dibagi menjadi 3 kelompok:

Kelompok Fungsional Menarik Sumber Daya Manusia

Grup ini berfokus untuk memastikan bahwa ada cukup banyak karyawan dengan kualifikasi yang sesuai untuk pekerjaan bisnis dan mencakup kegiatan seperti: Perencanaan Karyawan, Analisis Pekerjaan, dan Perekrutan. Untuk dapat merekrut orang yang tepat untuk pekerjaan yang tepat, perusahaan harus terlebih dahulu mendasarkan pada rencana produksi dan bisnisnya dan situasi saat ini dengan mempekerjakan karyawan di perusahaan untuk menentukan pekerjaan dan posisi mana yang perlu merekrut lebih banyak orang. .

Melakukan analisis pekerjaan akan memberi tahu Anda berapa banyak lagi karyawan yang perlu Anda rekrut dan apa persyaratan standar untuk para kandidat. Menerapkan keterampilan perekrutan seperti kuis dan wawancara akan membantu bisnis memilih kandidat terbaik untuk pekerjaan itu.

Oleh karena itu, kelompok fungsi perekrutan sering memiliki kegiatan: peramalan dan perencanaan sumber daya manusia, menganalisis pekerjaan, wawancara, kuis, mengumpulkan, menyimpan dan memproses informasi tentang sumber daya manusia. perusahaan.

 Kelompok Pelatihan Fungsional dan Pengembangan

Kelompok ini berfokus pada peningkatan kapasitas karyawan, memastikan bahwa karyawan di perusahaan memiliki keterampilan dan keterampilan yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan dan memfasilitasi pengembangan karyawan. kapasitas pribadi maksimum.

Kelompok ini sering melakukan kegiatan seperti: bimbingan kejuruan, pelatihan, pelatihan keterampilan praktis untuk pekerja; membina dan meningkatkan keterampilan dan memperbarui pengetahuan dan metode manajemen baru, teknologi dan teknik baru untuk manajer dan staf profesional.

Kelompok Pemeliharaan Sumber daya Fungsional

Grup ini berfokus pada pemeliharaan dan penggunaan sumber daya manusia yang efektif di perusahaan. Grup ini terdiri dari dua fungsi yang lebih kecil: merangsang, memotivasi dan mempertahankan karyawan, mengembangkan hubungan kerja yang baik di perusahaan.

Merangsang dan memotivasi fungsi yang berkaitan dengan kebijakan dan kegiatan untuk mendorong dan memotivasi karyawan di perusahaan untuk bekerja dengan antusias, sepenuh hati, bertanggung jawab dan bertanggung jawab dan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan kualitas tinggi.

Oleh karena itu, membangun dan mengelola sistem penggajian, menetapkan dan menerapkan kebijakan gaji, promosi, disiplin, bonus, tunjangan, tunjangan, menilai kinerja karyawan.

Fungsi hubungan kerja yang terkait dengan kegiatan untuk meningkatkan lingkungan kerja dan hubungan kerja seperti menandatangani kontrak kerja, menyelesaikan pengaduan, perselisihan tenaga kerja, hubungan staf, meningkatkan lingkungan kerja, perawatan kesehatan, asuransi dan keselamatan tenaga kerja.

Resolusi yang baik dari fungsi hubungan kerja akan membantu bisnis menciptakan suasana kolektif dan nilai-nilai tradisional yang baik, dan membuat karyawan puas dengan pekerjaan dan bisnis mereka.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Manajemen Sumber Daya Manusia kalian bisa cek melalui website ini.